Thursday, January 21, 2010

Indonesia Butuh 4,6 Juta Wirausahawan

Dalam dunia sekarang ini, tampaknya hampir semua topik terbuka untuk diperdebatkan. Sementara aku sedang mengumpulkan fakta-fakta untuk artikel ini, saya cukup terkejut menemukan beberapa masalah saya kira diselesaikan sebenarnya masih dibahas secara terbuka.
VIVAnews - Universitas Padjajaran menilai berita indonesia terbaru merupakan negara besar yang minim wirausahawan. Saat ini tercatat berita indonesia terbaru hanya memiliki sebanyak 800 ribu orang penduduk yang berprofesi sebagai wirausahawan.

"Dari 800 ribu itu, mungkin hanya sekitar 300 ribu saja yang benar-benar menjadi wiraswasta," ujar Rektor Unpad Ganjar Kurnia dalam Konperensi Pers Wirausaha Mandiri di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat, 22 Januari 2010.

Ganjar menjelaskan, satu negara dianggap memiliki jumlan wiraswasta ideal jika jumlahnya mencapai 2 persen dari total penduduknya. Artinya jika berita indonesia terbaru memiliki sekitar 230 juta orang penduduk, dibutuhkan sekitar 4,6 juta orang penduduk yang berprofesi sebagai wiraswasta.

Menurut Ganjar, minimnya lulusan perguruan tinggi yang berprofesi wiraswasta salah satunya dikarenakan orientasi pendidikan selama ini masih mengarah pada penelitian semata. Walau diakui penelitian juga dibutuhkan untuk menyejahterakan masyarakat.

Anda mungkin tidak mempertimbangkan segala sesuatu yang baru saja Anda baca untuk menjadi informasi penting tentang news. Tapi jangan kaget jika Anda menemukan diri Anda sendiri mengingat dan menggunakan informasi ini dalam beberapa hari mendatang.

Di sisi lain, orientasi lulusan PT saat ini sudah mulai bergeser jauh. Tahun 1970-an, masyarakat umumnya melirik pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil, dan dilanjutkan pada era 1980-2000 yang mengarah pada pekerja BUMN dan swasta. Kini lulusan PT mulai berpikir untuk mulai mengembangkan bisnis melalui jalur wiraswasta.

Pada bagian lain, Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowartdojo mengatakan Mandiri untuk keempat kalinya akan memberikan penghargaan kepada 12 Wirausahawan terbaik melalui program wirausaha Mandiri 2009.

Penghargaan diberikan kepada 12 wirausahawan yang berasa dari 200 perguruan tinggi di 27 provinsi. Seleksi ini sendiri diikut oleh 1.706 peserta.

"Kai berharap program yang sudah memasuki tahun keempat ini bakal menancapkan kakinya di dunia usaha yang terbukti dapat menggrakan ekonomi masyarakat sekitar," kata Agus.

Pada penghargaan kali ini, Mandiri memberikan penghargaan lebih banyak dibandingkan program-program serupa sebelumnya. Selama ini penghargaan hanya diberikan kepada 6 pemenang dari dua kategori yaitu mahasiswa dan diploma.

¢ VIVAnews
Tentu saja, tidak mungkin untuk meletakkan segala sesuatu tentang news menjadi hanya satu artikel. Tetapi Anda tidak dapat menyangkal bahwa Anda baru saja menambahkan pemahaman Anda tentang news, dan itu menghabiskan waktu dengan baik.

No comments:

Post a Comment