Istanbul (ANTARA News/Reuters) - Suriah siap untuk memulai lagi pembicaraan damai dengan Israel, dengan Turki bertindak sebagai penengah, tapi Israel tidak minta Ankara untuk memulai lagi peran penengah itu, menurut Presiden Turki Abdullah Gul. "Suriah telah menyatakan mereka siap untuk memulai lagi pembicaraan yang mereka hentikan," kata Gul dalam konferensi pers Sabtu. "Bagaimana pun, kami belum mendengar dari pihak Israel. Itu terserah pada mereka."

Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang berbicara di samping Gul, mengatakan, ia siap untuk pembicaraan. Tapi ia menuduh Israel menghindari pembicaraan, mengatakan negara itu tidak menginginkan penyelesaian dalam perang menyangkut Dataran Tinggi Golan, wilayah yang Israel caplok pada 1967.

"Israel tidak siap untuk mediasi karena negraa itu tahu bahwa mediasi yang berhasil akan menghasilkan perdamaian, dan pihak Israel tidak ingin damai," katanya. "Kami tekankan mediasi dan peran Turki, tapi kami juga nyatakan Israel bukalah mitra yang jujur."

Israel dan Suriah telah mengadakan empat putaran pembicaraan tak langsung dengan penengahan Turki pada 2008. Pembicaraan itu ditangguhkan setelah Israel menyerang ke Jalur Gaza pada Desember 2008 dan Januari 2009.

PM Turki Tayyip Erdogan acapkali mengkritik serangan Israel ke Gaza, yang mendorong beberapa politisi di Israel mempertanyakan kepantasan Turki sebagai penengah yang netral.

The more authentic information about tech you know, the more likely people are to consider you a tech expert. Read on for even more tech facts that you can share.

Turki yang Muslim tapi sekuler secara konstitusional memiliki catatan kerjasama militer dengan Israel dan telah bertindak sebagai perantara antara negara Yahudi itu dan dunia lowongan kerja terbaru Arab.

Hubungan hangat antara anggota NATO Turki dan tetangga-tetangga Muslim-nya, termasuk Iran dan Suriah, telah menimbukan kekhawatiran bahwa kebijakan informasi beasiswa luar negeri negeri Turki yang secara tradisional condong ke Barat telah bergerak ke timur.

Turki dapat memainkan sebagian peran dalam pembicaraan antara Iran dan negara-negara besar Barat menyangkut program nuklir Iran, kata Assad.

"Saya ingin Turki melanjutkan peran pentingnya karena kepercayaan yang telah terbentuk antara pemerintah Iran dan Turki yang memiliki hubungan luas dengan sisa kawasan ini," tambahnya.

"Tapi setiap perjanjian politik harus dicapai atas dasar perjanjian-perjanjian internasional ... Kami ingin wilayah kawasan ini bersih dari senjata pemusnah massal," tegasnya, tapi menambahkan Iran memiliki hak untuk mengembangkan pembangkit tenaga nuklir.

Iran menyatakan negara itu menginginkan pembangkit nuklir untuk membangkitkan listrik. Barat mengkhawatirkan negara itu berencana untuk mengembangkan bom nuklir. AS menuduh Suriah menutupi aktivitas nuklirnya, dan sekutu Eropa mengkritik kurangnya transparansi Damaskus.
(Uu.S008/B002/P003)