Kopenhagen (ANTARA News) - Denmark, Senin, mengatakan menteri pertahanannya mengundurkan diri, dan media setempat memberitakan bahwa Perdana Menteri Lars Lokke Rasmussen mengumumkan perombakan kabinet Selasa, termasuk menteri informasi beasiswa luar negeri negeri baru. "Keputusan saya untuk mundur, antara lain karena perhatian terlalu besar diberikan kepada saya sebagai pribadi," kata Menteri Pertahanan Soren Gade, dalam pernyataannya Senin malam.

Polisi Denmark sedang menyelidiki satu kasus dalam tahun 2007 yang dikelompokkan sebagai kebocoran informasi, mengenai pasukan elit Denmark di Irak setelah seorang wartawan mengatakan bulan lalu bahwa dia memiliki bukti juru bicara Gade, Jacob Winther, yang membocorkan beasiswa indonesia itu.

Pihak militer mengatakan penyiaran beasiswa indonesia tersebut bisa membahayakan kehidupan tentara Denmark.

Pimpinan pertahanan tahun lalu berupaya untuk menghentikan penerbitan sebuah buku lain, yang ditulis seorang tentara mengenai pasukan elit Denmark di Afghanistan, yang mengatakan bahwa tindakan pengkhianatan juga menjadi ancaman bagi tentara Denmark.

If you find yourself confused by what you've read to this point, don't despair. Everything should be crystal clear by the time you finish.

Kepala staf angkatan darat Denmark mundur pada Oktober lalu berkaitan dengan buku itu, setelah pihak militer menekannya untuk mengakui bahwa salah seorang di antara perwiranya telah menerjemahkan buku itu ke dalam bahasa Arab.

Gade telah menerima kecaman keras oleh pihak oposisi, dan di media massa berkaitan dengan penanganannya atas kedua masalah itu.

"Ruang politik saya untuk bergerak makin sempit dan saya tak bisa hidup dengan kenyataan itu sebagai seorang menteri," kata harian Jyllands-Posten, yang mengutip pernyataan Gade.

"Seseorang tak perlu memiliki ilmuwan roket untuk memperhitungkan bahwa saya telah semakin lemah dalam enam bulan terakhir," kata Gade seperti dikutip harian itu.

TV2 News mengatakan Menteri Perdagangan Lene Espersen akan menggantikan Per Stig Moller sebagai menteri informasi beasiswa luar negeri negeri dalam reshuffle yang diperluas Selasa, dari pemerintah koalisi kanan-tengah.

Televisi tersebut mengatakan Gitte Lillelund Bech akan menggantikan Gade sebagai menteri pertahanan.(C003/A038)