Sunday, November 29, 2009

Freeport Bangun Pabrik Semen di Papua

Artikel berikut mencakup informasi terkait yang mungkin menyebabkan Anda untuk mempertimbangkan kembali apa yang Anda pikir Anda mengerti. Yang paling penting adalah untuk belajar dengan pikiran yang terbuka dan bersedia untuk merevisi pemahaman Anda jika perlu.

VIVAnews - Raksasa pertambangan Freeport akan merealisasikan pembangunan pabrik semen di Timika, Papua, mulai tahun depan.

Investasi di atas US$ 150 juta digelontorkan Freeport dari kocek sendiri melalui program Kepedulian Sosial Perusahaan (KSP) untuk membangun pabrik berkapasitas 5 juta ton.

"Produksi semen pabrik Freeport, separuhnya akan diperuntukkan untuk konsumsi Freeport dan sisanya untuk didistribusikan di Papua," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat usai Pre Rapimnas di kantor Depperin, Jakarta, Senin 30 November 2009.

Hidayat mengaku CEO Freeport telah menemui dirinya untuk merealisasikan pembangunan pabrik tersebut.



Selain Freeport, PT Semen Gresik Tbk juga akan melakukan ekspansi di Manokwari Papua dengan merealisasikan pembangunan pabrik berkapasitas 6 juta ton.

"Semen Gresik akan mulai dengan membangun pelabuhan kantong semen untuk menekan biaya distribusi dan logistik yang mahal," kata Hidayat. Ekspansi pelabuhan kantong semen tersebut akan direalisasikan pada awal tahun depan dan memakan waktu sekitar 6 bulan.

Dengan pembangunan dua pabrik semen baru tersebut, harga semen di Papua yang cukup tinggi bisa ditekan. "Bayangkan saja harga semen di sana bisa Rp 800 ribu per zak. Padahal di Jakarta hanya Rp 150 ribu," ujar Hidayat.

hadi.suprapto@vivanews.com

¢ VIVAnews

Mudah-mudahan bagian di atas telah memberikan sumbangan pada pemahaman Anda tentang news. Berbagi pemahaman baru tentang news dengan orang lain. Mereka akan terima kasih untuk itu.

No comments:

Post a Comment