Sunday, November 22, 2009

Sebelum Akhir 2009, Tol Kanci-Pejagan Rampung

Ketika Anda memikirkan news, apa pendapat Anda tentang pertama? Aspek dari news yang penting, yang penting, dan mana yang dapat Anda ambil atau meninggalkan? Anda menjadi hakim.
VIVAnews - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berharap kepada PT Bakrie Toll Road sebagai pemegang konsesi menyelesaikan pembangunan ruas Tol Kanci - Pejagan sebelum berakhirnya tahun ini (2009).

"Kalau kami melihat progress di lapangan sebenarnya tinggal 1.500 meter jalan beton yang belum di pasang," kata Kepala BPJT Nurdin Manurung dalam siaran pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Minggu, 22 November 2009.

Nurdin memperkirakan, dengan teknologi "Precast Prestress Concrete Pavement" (PPCP)" yang diadopsi PT Adhi Karya Tbk selaku kontraktor ruas tersebut pekerjaan tinggal tiga hari lagi apabila cuaca mendukung.

Dirinya berharap, agar investor Tol Kanci - Pejagan dapat bekerja lebih keras lagi untuk menyelesaikan proyek pekerjaan yang menjadi salah satu program kerja 100 hari Menteri Pekerjaan Umum.

Nurdin menuturkan, seharusnya investor sudah menghitung volume pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sisa waktu yang tersedia, bahkan kalau perlu menambah tenaga manusia dan peralatan.

"Tugas kami (BPJT) hanya melaksanakan pengawasan kualitas pekerjaan, sedangkan maju mundurnya waktu penyelesaian sangat tergantung kepada kerja keras investor," tutur dia yang mengaku puas dengan kualitas konstruksi Kanci-Pejagan.

Terkait dengan rencana connectivitas (terhubungnya) dengan tol Palimanan - Kanci yang dikelola Jasa Marga yang sudah lebih dulu beroperasi (existing), dirinya mengatakan termasuk hal yang harus diselesaikan sebelum tol beroperasi.

Jika Anda menemukan diri Anda bingung dengan apa yang Anda telah membaca hingga saat ini, jangan putus asa. Semuanya harus jelas pada saat Anda selesai.

"Saya akan memanggil kedua operator (Bakrie Toll Road dan Jasa Marga) pada hari Selasa (22/11), untuk membicarakan terhubungnya ke dua jalan itu terkait dengan sistem transaksi tol nantinya agar jangan sampai ada masalah," ujarnya.

Nurdin mengakui, sebenarnya soal connectivitas bukan hal yang rumit. Sebab, tinggal memindahkan gerbang tol milik Jasa Marga lebih ke belakang (arah Jakarta). Namun, persoalannya siapa yang harus menanggung biayanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bakrie Toll Road Harya M Hidayat mengatakan pihaknya akan bekerja keras dalam upaya menyelesaikan pekerjaan sebelum 100 hari yang menjadi program kerja.

"Kalau melihat pekerjaan saat ini sebenarnya tinggal lima persen lagi, sehingga dipastikan Desember 2009 sudah dapat diselesaikan. Kami selaku manajemen sangat komitmen menyelesaikan pekerjaan sesuai target pemerintah," ujarnya.

Terkait dengan interkoneksi dengan Tol Palimanan - Kanci, dia menuturkan, sebenarnya sudah menyelesaikan tahap akhir final tetapi diharapkan BPJT juga ikut berperan aktif untuk mempercepat keputusan.

Secara rinci, Harya menuturkan, pekerjaan yang tersisa tinggal beberapa lagi yang mencakup konstruksi ringan, perlengkapan rambu tol, serta terkai dengan manajemen operator nantinya.

antique.putra@vivanews.com

¢ VIVAnews

Jika Anda sudah memilih beberapa petunjuk tentang news bahwa Anda dapat dimasukkan ke dalam tindakan, maka dengan segala cara, melakukan hal itu. Anda tidak akan benar-benar dapat memperoleh manfaat dari pengetahuan baru Anda jika Anda tidak menggunakannya.

No comments:

Post a Comment